Cisco dan Packet Tracer  

Jumpa lagi teman-teman…… sorry baru bisa posting lagi nih, soalnya sibuk banget dengan kuliah saya ....  hehehe… sok sibuk yah……??? Pada posting kali ini saya akan sedikit membagi pengalaman tentang membuat jaringan yaitu membuat static routing dan dynamic routing. Pada kali ini saya menggunakan Packet Tracer 4.1 untuk mensimulasikan jaringan yang saya buat. Pertama untuk pengantar saja, para pembaca blog ini setidaknya memiliki sedikit pengetahuan tentang apa itu Packet Tracer 4.1 dan cisco.
Yang pertama saya akan menjelaskan sedikit tentang cisco, mungkin dari para pembaca sudah banyak yang tau tentang cisco dan kalo yang saya tulis di sini ada kekurangan mohon maaf yah……Oke deh kita mulai aja sekarang. Cisco adalah sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat yang berhubungan dengan jaringan computer misalnya saja router, access point dan buanyak lagi lah yang di produksi oleh cisco…cisco adalah perusahaan pelopor yang memproduksi alat-alat jaringan. Cisco sudah berdiri dari tahun 1980 an…tepatnya saya lupa……hehehe…. Alat-alat yang diproduksi oleh cisco sudah teruji dan diakui oleh seluruh dunia kualitas dan kehandalannya. Bahkan karena cisco sudah sangat terkenal di seluruh dunia, cisco mengeluarkan kurikulum berstandar Internasional dan mengeluarkan sertifikasi bagi yang bisa lulus menghadapi ujian dari cisco. Bayangkan saja jika anda memiliki sertifikat dari cisco……mau kerja diseluruh dunia bagaian manapun anda pasti diterima……enak kan……??? Saya saja sangat ingin mendapatkan sertifikat itu…tapi masih butuh belajar banyak……!!!!! Cisco juga membuat OS tersendiri milik cisco, yaitu IOS yang terdapat di dalam alat jaringan yang di keluarkan oleh cisco. IOS tidak untuk di komersilkan, IOS hanya terdapat pada alat cisco misalnya saja Router yang dikeluarkan oleh cisco. Sekarang ini menurut informasi yang saya dapatkan, ternyata ada suatu perusahaan baru yang menyaingi cisco yaitu “Juniper”, kabarnya perusahaan ini memiliki kemampuan yang melebihi cisco baik masalah kualitas dan kehandalannya. Juniper ini juga mempunyai OS sendiri sama seperti cisco yang bernama JUNOS. Namun Juniper belum lama berdiri dan belum mengeluarkan kurikulum sendiri. Jadi kemungkinan Juniper ini masih belum dipercaya di seluruh dunia.
Yang kedua saya akan bercerita tentang Packet Tracer. Packet Tracer ini adalah suatu software simulasi jaringan yang di keluarkan oleh cisco untuk mendukung daripada kurikulum yang dikeluarkan oleh cisco. Packet Tracer ini sangat persis sekali dengan ketika kita mengoperasikan alat-alat cisco. Jadi misalnya kita akan menghidupkan suatu jaringan, maka jaringan itu tidak akan langsung hidup dan ready to use, seperti ketika menghidupkan komputer, maka komputer tersebut membutuhkan waktu untuk booting sampai ready to use. Itulah yang akan terjadi ketika anda mengoperasikan software Packet Tracer.

0 komentar: to “ Cisco dan Packet Tracer